MENGANALISIS PEMBUATAN APLIKASI SEDERHANA BERBASIS DESKTOP, FLOWCHAT, CONTOH TURBO PASCAL MIN 5
Aplikasi Berbasis Desktop
PENGERTIAN APLIKASI DEKSTOP DAN APLIKASI WEB
Aplikasi Desktop adalah suatu aplikasi yang mampu beroperasi secara offline, tetapi kita harus menginstalnya sendiri pada laptop atau komputer.
Aplikasi Web adalah suatu aplikasi berbasis web dapat beroperasi jika ada jaringan/koneksi internet.
Salah satu perbedaan yang mendasar dari web based dan desktop based adalah bahasa pemrogramannya kalau pada desktop based di dukung oleh beberapa macam program seperti Microsoft office, Borland Delphi, dll sedangkan untuk web based menggunakan bahasa pemrograman HTML, PHP, CSS, JavaScript, dll.
keunggulan dan kekurangan aplikasi desktop
Keunggulan
- Dapat berjalan dengan independen, tanpa perlu menggunakan browser.
- Tidak perlu koneksi internet, karena semua file yang diperlukan untuk menjalankan aplikasinya sudah terinstall sebelumnya.
- Dapat dengan mudah memodifikasi settingannya.
- Prosesnya lebih cepat.
Kekurangan
- Apabila akan menjalankan aplikasi, harus diinstal terlebih dahulu di komputer.
- Bermasalah dengan lisensi. Hal ini membutuhkan lisensi yang banyak pada setiap computer
- Aplikasi tidak dapat dibuka di computer lain, jika belum diinstall
- Biasanya memerlukan hardware dengan spesifikasi tinggi.
Sumber : Modul Praktikum Perkuliahan
h it.
Pengertian dan Definisi Flowchart
Flowchart atau Bagan alir adalah bagan (chart) yang menunjukkan alir (flow) di dalam program atau prosedur sistem secara logika. Bagan alir (flowchart) digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi.
Jenis jenis Flowchart
Ada beberapa jenis flowchart diantaranya:
| |
Membuat 5 Contoh Program Menggunakan Turbo Pascal
Program ini program penjualan dimana jika jumlah penjualan lebih dari Rp. 65.000 mendapatkan diskon sebesar 10%. Berikut listing programnya :
Program Discount;
Uses wincrt;
Var
Nama:string;
Jumlah, Diskon, Bayar:real;
Begin
writeln(‘Program Discount’);
writeln(‘Dodik Sriyanto(S1) STMIK Tasikmalaya’);
writeln(‘==================================’);
repeat
writeln(‘ ‘);
write(‘Masukkan Nama Anda : ‘);
readln(Nama);
write(‘Masukkan Jumlah Pembelian = Rp ‘);
readln(Jumlah);
Diskon := 0;
if Jumlah>65000 then Diskon := Jumlah*0.1;
Bayar := Jumlah-Diskon;
writeln(‘ ‘);
writeln(‘Jumlah Pembelian = Rp’,Jumlah:10:2);
writeln(‘Jumlah Discount = Rp’,Diskon:10:2);
writeln(‘==================================’);
writeln(‘Jumlah Pembayaran = Rp’,Bayar:10:2);
writeln(‘Terima Kasih ‘,Nama);
until keypressed;
readln;
End.
Program ini di buat untuk keperluan penggajian Pegawai / Karyawan dengan ketentuan Gaji pokok + Tunjangan – Ppn 10%. Berikut listing programnya :
Uses wincrt;
Var nama:string[20];jabatan:string;
Gaji:longint;
Tunj,ppn,Total,gajibersih:real;
Begin
Clrscr;
Write( ‘Nama Karyawan : ‘); readln(nama);
Write(‘Masukkan Jabatan : ‘); readln(jabatan);
If (jabatan=’Direktur’) or (jabatan=’direktur’) then
Begin
Gaji:=3000000;
Tunj:=0.2* gaji;
End
Else If (jabatan=’Manager’) or (jabatan=’manager’) then
Begin
Gaji:=2000000;
Tunj:=0.2* gaji;
End
Else If (jabatan=’Karyawan’) or (jabatan=’karyawan’) then
Begin
Gaji:=1000000;
Tunj:=0.2* gaji;
End
Else
Begin
Gaji:=800000;
Tunj:=0.2* gaji;
End;
Writeln(‘Gaji Bersih : Rp.’,gaji);
Writeln(‘Tunjangan Jabatan : Rp.’,tunj:9:2);
ppn:=0.1*gaji;
Writeln(‘PPN 10 % : Rp.’,ppn:9:2);
Total:=gaji+Tunj-ppn;
Writeln(‘Total Gaji : Rp.’,total:9:2);
Readln;
Program ini bertujuan untuk menghitung luas segitiga dengan memasukan nilai Alas dan Tingginya. Berikut listing programnya :
program luas;
uses wincrt;
var
a,t: integer;
L: real;
begin
clrscr;
write(‘Masukan Nilai Alas: ‘);
readln (a);
write(‘Masukan Nilai Tinggi: ‘);
readln(t);
writeln(‘ ‘);
L:=(a*t)/2;
writeln(‘Luas Segitiga adalah =’,L:6:2);
readln;
end.
Program ini sebagai kalkulator sederhana dengan memasukan nilai angka ke 1 dan ke 2 serta pilihan operator nya. Berikut listing programnya :
uses wincrt;
var x,y,hasil:real;
jawab:char;
begin
write (‘masukan angka ke-1 = ‘);readln (x);
write (‘pilih operator= (+)/(-)/(*)/(/) = ‘);
readln (jawab);
write (‘masukan angka ke-2 = ‘);readln (y);
if ( jawab= ‘+’) then
begin
hasil:= x+y
end;
if ( jawab = ‘-‘) then
begin
hasil:= x-y
end;
if ( jawab = ‘*’) then
begin
hasil:= x*y
end;
if (jawab=’/’) then
begin
hasil:= x/y
end;
write (‘hasilnya: ‘,(hasil):5:2);
end.
Program ini untuk menghitung luas dari sebuah persegi panjang dengan memasukan nilai panjang dan pendeknya. Berikut listing programnya :
Program Luas_Persegi_Panjang;
uses wincrt;
var
panjang, lebar, luas : real;
begin
write (‘Masukkan panjang? ‘); readln (panjang);
write (‘Masukkan lebar? ‘) ; readln (lebar);
luas := panjang*lebar;
writeln;
writeln (‘Luas segiempat = ‘, luas:5:2, ‘ satuan luas’);
end.
|
Komentar
Posting Komentar